Pages

Rabu, 05 Januari 2011

Merah - Putih??

bendera Indonesia itu warnaya apa? tanya guru matematikaku di SMA. kenapa guruku menanyakan itu bukankah anak SD pun pasti bisa menjawabnya pikirku. "merah putih" jawab seorang temanku. "apa arti warna merah dan putih?" tanya guruku.
merah putih, apakah hanya sekedar warna atau memiliki makna? 
kemudian guruku menjelaskan bahwa merah artinya berani dan putih artinya suci. artinya kita harus berani untuk menjadi suci. menjalani kehidupan harus seperti itu harus berani suci. berani untuk menjadi bersih, berani untuk menjadi baik, menjadi jujur.
berani??
apakah dibutuhkan keberanian untuk menjadi baik?
ya, sepertinya begitu. contohnya saja jujur. jujur kata yang begitu mudah untuk diucapkan tetapi membutuhkan komitmen dan keberanian untuk menjadi jujur. hal ini dikarenakan, dibangku pendidikan saja menjadi tidak jujur sudah begitu menggoda, pikirku. T.T
pesan yang begitu beliau tekankan adalah : "mungkin saat ini kalian mencari nilai dan sudah berlaku tidak jujur. apa jadinya nanti jika kalian mencari uang apakah kalian tetap tidak akan jujur? korupsi? hal besar yang berasal dari kebiasaan kecil. bendera Indonesia berwarna merah putih dan jika seluruh rakyat Indonesia memiliki jiwa seperti itu, betapa Indonesia akan menjadi negara yang makmur, tak ada satupun yang merasa terdzolimi. Jalani hidup ini dengan jujur, benar, syukur. itulah kuncinya. jadilah seperti bendera di puncak tertinggi"

5 komentar:

Sakina Widodo mengatakan...

ayo kita frontal, berani, dan sadis pada yang namanya 'kebaikan'.
ayo berani berbuat baik!
berani berbuat benar!
dan berani berniat lurus :)

Sofyani Wulansari mengatakan...

sesuatu itu sulit ketika sudah dianggap sulit. yang terpenting adalah lekas memulainya.

Unknown mengatakan...

(The danger of small mistakes is that those mistakes are not always small).
Bahayanya kesalahan-kesalahan kecil adalah bahwa kesalahan-kesalahan itu tidak selalu kecil.
Kesalahan kecil bisa mengakibatkan kesalahan yang lebih besar. Bersamaan dengan kesalahan itu, persoalannya bisa menjadi besar pula. Maka kesalahan kecil pun harus segera dibetulkan. maka dari itu, mari segera berbenah..

Requaza mengatakan...

hal sprt it sudh mnjadi budaya d indonesia.. bukan kebiasaan lagi.. bgmn mngembalikanx adalah sma dengan bagaimana membuatx mnjdi terbudaya

Rinai mengatakan...

jadi,kesimpulannya adalah marilah berbenah dan mulai untuk menumbuhkan budaya untuk berbuat benar