Pages

Kamis, 20 Januari 2011

Mutual Respect

menghormati segala perbedaan
siapakah yang harus kita hormati?
a. semua orang
b. orang penting
c. oramg tua
semua orang sepertinya itulah jawaban berdasarkan soal pkn. apa iya yaa,haha. entahlah.
tetapi,memang benar kita harus menghormati semua orang tanpa melihat warna kulit,suku,jabatan,bahkan kedudukannya. mengapa harus saling menghormati? Setiap orang harus saling menghormati satu dengan yang lainnya,tidak boleh melecehkan atau memaksakan kehendak kepada orang lain , karena setiap orang memiliki hak untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dia inginkan asal itu tidak melanggar hukum dan norma-norma yang berlaku (berdasarkan link  ini ). saat ini mungkin menghormati lebih banyak diberikan kepada orang-orang tertentu, yang mungkin memiliki jabatan/kedudukan. seseorang yang mungkin dianggap sebagai "orang penting". contohnya : menghormati hanya kepada atasan saja. kepada pesuruh mungkin kita balas kebaikannya dengan teriakan kasar. mungkin kata "terima kasih" yang begitu tulus dari atasannya,sangat berarti bagi mereka.
pernah saya mendengar tausiyah dari AA.Gym. Presiden itu orang penting? ya, presiden orang penting. bagaimana dengan petugas kebersihan? apakah mereka orang penting? mereka juga adalah orang penting karena mereka berjasa membuat lingkungan ini bersih, sedangkan kebersihan sangatlah penting. tanpa mereka lingkungan menjadi kotor. jadi, mereka adalah orang penting ( Very Important People) yang harus dihormati.
ternyata VIP bukan hanya untuk mereka saja yang memiliki jabatan dan kedudukan ya,hmm
jadi, jika kita beranggapan bahwa setiap orang adalah orang penting dan memainkan perannya sendiri-sendiri dalam hidup ini, menurut saya jawaban b. orang penting benar juga untuk soal di atas :))
orang yang mungkin keadaannya berada di bawah kita adalah orang penting yang mengingatkan kita indahnya perjuangan,keikhlasan,kesederhanaan,syukur bahkan semangat hidup. Mereka bisa jadi memiliki keimanan yang jauh melampaui diri ini dan memiliki kedudukan yang jauh lebih tinggi dimata Allah SWT.
so, let us respect each other. bukankah, jika kita ingin dihormati orang lain, maka kitapun harus menghormati orang lain juga? mutual respect, saling menghormati.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sbg animers.. bgus jg kata2mu.. hihi..
bisa bijak juga ternyata..