Pages

Sabtu, 25 Juni 2011

sapaan, senyuman, dan perkataan baik

setelah maghrib, tiba - tiba saja ada seorang tamu di rumah. "mari masuk,bu",jawabku. ingin bertemu dengan ibu rupanya. setelah selesai sang tamupun berpamitan. "mari", "oh,iya bu",jawabku lagi.
kemudian ayah datang dan berkata,"kalau disapa orang, jawabnya dengan pakai nama orangnya ya, jangan bu saja. sebisa mungkin dengan namanya."

pentingkah?

ayah bercerita bahwa beliau mempunyai seorang teman yang memiliki banyak kawan. ternyata beliau suka sekali menyapa orang dengan menggunakan namanya. orang yang disapapun akan lebih merasa dihargai dan merasa dikenal oleh orang lain. selain itu juga dapat menambah keakraban.

hmm,benar juga. memang lebih enak didengar ketika berkata,"din, di sebelahmu siapa?" daripada "heh,di sebelahmu siapa?". ya,menghargai orang lain dengan menyapa menggunakan sebutan nama. teguran dari ayah.

tetapi, masih ada bandel juga dalam diriku. hehe. menyapa dengan tidak menggunakan nama menurutku juga baik, daripada tidak menyapa sama sekali. hihi. apalagi menyapa dengan tambahan senyuman. mantaaap daah, karena bisa sambil sedekah. bukankah dalam sebuah hadist :
"senyummu dihadapan saudaramu adalah sedekah bagimu"(HR. At-Tirmidzi)


sapaan, senyuman, perkataan baik tentu akan membuat senang orang yang berinteraksi dengan kita. dan saya pernah mendapat sms yang berisi sebuah hadist
nabi bersabda,"orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat untuk manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagian yang engkau masukkan kepada diri seorang muslim atau engaku hilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi hutang atau menghilangkan kelaparan"(HR. Thabrani)

subhanallah, ternyata memberikan kebahagiaan kepada orang lain termasuk amalan yang baik.
Rasulullah bersabda," janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apapun, sekalipun itu hanya bermuka manis saat berjumpa saudaramu " (HR. Muslim)
wallahu a'lam



sebagai sebuah catatan pengingat untuk diri ini...

Tidak ada komentar: