Pages

Selasa, 19 Juli 2011

Memuliakan tamu

liburan semester ini mengunjungi rumah seorang sahabat yang berada di luar kota. 4 malam berada di rumahnya. bukan waktu yang singkat. terima kasih sahabat telah merawatku selama itu,hehe. maaf telah merepotkan. liburan yang begitu berkesan. banyak pengalaman baru. 
petualangan dimulai dari berangkat ke kota tujuan dengan naik bis. 5 jam kira-kira. enjoy this trip,hehe. sesampainya di tempat tujuan, lega berhasil bertemu dengannya di tempat pemberhentian kota tujuan. senang. berbagai pengalaman baru saya rasakan. bertemu dengan teman - teman baru, keluarga baru, hingga merasakan memiliki seorang adik perempuan. atau pengalaman sukses mengendarai sepeda angin setelah percobaan ke n,hihi. so interesting.
4 malam di sini, saya bersama keluarga baru. saya merasakan kekeluargaan yang begitu erat. mereka memperlakukan saya dengan sangaaat baiik, sampai - sampai saya merasa sudah dianggap seperti kerabat sendiri. padahal ini adalah pertemuan pertama, tetapi perlakuan mereka seperti kepada kerabat sendiri yang telah saling mengenal sejak lama. 
setelah terlewat 4 malam di tempat ini, saya kembali ke malang. pagi hari, berpamitan pada semua orang. naik bis lagi, and enjoy this trip again,hehe. kali ini dengan bawaan yang lebih banyak. ibu membawakan oleh-oleh untukku. so speechless. benar - benar pengalaman tak terlupakan.
~~~
bertamu selama 4 malam. masyaAllah.. padahal adab bertamu selama 3 hari. semoga Allah membalas dengan kebaikan,Aamiin. terimakasih untuk semuanya,sahabat..

"Barangsiapa beriman kepada Allah, dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamu sesuai dengan jatah harinya." Para sahabat bertanya, "Berapa lama jatah harinya, wahai Rasulullah?" Rasulullah saw. bersabda, "Siang hari dan malam harinya. Bertamu itu selama tiga hari, dan selebihnya adalah sedekah." (Muttafaq Alaih).
selama ini, selalu saja ketika saya menjadi seorang tamu, saya selalu merasa speechless(tidak dapat berkata-kata). hal ini dikarenakan perlakuan pemilik rumah yang begitu baik. begitu memuliakan tamu, ikhlas. menghidangkan makanan,sampai membawakan oleh - oleh. tidak main-main, gizi baik selama bertamu. makan full 3 x sehari. oleh - oleh juga tidak main - main. begitu banyaaak. diperlakukan begitu baik, sampai seperti kerabat sendiri. ini membuat saya begitu kagum, rasa keikhlasan untuk menerima tamu. subhanallah.

Sabda Rasulullah saw.,
"Barangsiapa beriman kepada Allah, dan hari akhir, hendaklah ia memuliakan tamunya." (Muttafaq Alaih).
begitu pentingnya memuliakan tamu.

hmm,sebuah pengingat untuk diri ini.

Tidak ada komentar: