Pages

Kamis, 16 Februari 2012

catatan hadits - hadits

~~~~ sholat Jum'at ~~~~
dari Thariq bin Syihab ra, Rosulullah bersabda : "Sholat Jum'at itu suatu kewajiban yang dilaksanakan secara berjamaah kecuali bagi empat orang yakni, hamba sahaya, anak kecil, orang yang sakit serta wanita" (HR.Daraquthni hadits 1561)
(Imam ad Daraquthni - kitab Sunan ad Daraquthni)

~~~~ ibu ~~~~
Rosululloh bersabda, "Demi Dzat yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya bayi yang gugur (wafat) akan menarik ibunya ke surga dengan tali - tali pusarnya jika ia berihtisab (rela, bersabar serta mengharap ganjaran pahala) dengan sebab kehilangan anaknya tersebut" (HR. Ibnu Majah, no 1598)

~~~~ sholat 5 waktu ~~~~
Rosululloh bersabda : "Tidakkah kau lihat andaikata ada sebuah sungai di depan pintu salah seorang diantara kalian, dimana kalian mandi didalamnya 5x sehari, apakah masih tersisa dari daki kotorannya? mereka berkata: tidak akan tersisa dari daki kotorannya. Rosululloh bersabda :yang demikian itu laksana sholat 5 waktu dimana Allah menghapuskan dengannya dosa-dosanya
(HR. Muslim)
 
~~~~rezeki~~~~
 nabi bersabda : "sesungguhnya Jibril membisikkan dalam benakku bahwa jika tak akan wafat sebelum lengkap dan sempurna rezekinya. karena itu hendaklah kamu bertaqwa kepada Allah dan memperbaiki mata pencaharianmu. apabila datangnya rezeki itu terlambat, janganlah kamu memburunya dengan jalan maksiat kepada Allah karena apa yang ada di sisi Allah hanya bisa diraih dengan ketaatan kepada-Nya." (HR.Al Hakim)


*dari sms hadits harian

Tidak ada komentar: