Pages

Selasa, 09 April 2013

Mempelajari Ilmu

sumber gambar : ini


wahai sahabat..
kukatakan kau sungguh bersabar dalam menuntut ilmu. betapa tidak, kau sudah bertahun - tahun menuntut ilmu.

sudah berapa lama kita menuntut ilmu hingga hari ini? jika saat ini kau sedang menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas kelas XII, maka kau telah menempuh pendidikan 6 tahun untuk Sekolah Dasar, 3 tahun untuk Sekolah Menengah Pertama, dan 2 tahun lebih untuk Sekolah Menengah Atasmu. hmm, bukan waktu yang singkat.

apalagi jika kita sudah kuliah, mungkin kita sudah menuntut ilmu di sekolah selama 12 tahun, atau kurang dari itu bagi yang mengambil kelas akselerasi. 12 tahun, itu bukan waktu yang singkat. tapi, kita bisa melaluinya, wahai sahabat.. ternyata kita bisa bersabar menuntut ilmu umum di sekolah selama itu. bersabar untuk setiap pagi berangkat ke sekolah, mengerjakan tugas, mengerjakan ujian, hingga bersabar untuk belajar menghadapi Ujian Sekolah ataupun Ujian Nasional. betapa besar perjuangan untuk menuntut ilmu selama kurun waktu yang tak singkat itu.

ya, mungkin jarang sekali kita dapati seorang siswa SMA yang tiba - tiba tidak melanjutkan studinya di pertengahan kelas XI dikarenakan sifat malasnya atau dikarenakan hilangnya semangat dalam menuntut ilmu. semangat hanya di awal studi, dan mulai mengikis seiring berjalannya waktu. kiranya hal ini jarang terjadi... begitu pula, seorang siswa SMA kelas XII yang akan menempuh Ujian Nasional. apakah ada diantara mereka yang berputus asa sebelum berperang menghadapi Ujian Nasional. menyerah begitu saja sebelum ujian? sepertinya jarang pula hal ini terjadi. sebaliknya mereka bersabar dalam menuntut ilmu, hingga ikut tambahan belajar di sekoah, ataupun bimbingan belajar di LBB. Tak tanggung - tanggung, tentu saja LBB berkualitas yang diikuti. lihatlah betapa semangatnya mereka menutut ilmu.

bagaimana dengan menuntut ilmu syar'i? kiranya kitapun harus memiliki kadar semangat seperti ketika kita menuntut ilmu umum. semangat menggebu yang tak terasa sudah lebih dari 10 tahun menuntut ilmu umum. ya, harus bersabar dalam menuntut ilmu. bagaimana dengan dirimu, wahai jiwaku? ketahuilah, ilmu menjadi menunjuk ke arah yang benar.
apakah engkau sedang ikut belajar bahasa Arab? ikut belajar tahsin?
apakah kau akan meninggalkannya begitu saja di tengah perjalanan?

pergi ke manakah kau wahai semangat?
kau menuntut ilmu umum 12 tahun, dan bersabar di dalamnya
sudahkah kau bersabar dalam menuntut ilmu agama?
sudahkah kau bersabar dalam menuntut ilmu syar'i?


kita harus sabar dalam menuntut ilmu baik ilmu umum maupun syar'i. memupuk kesabaran, keikhlasan, dan semangat

catatan ini hasil diskusi bersama seorang sahabat, Tari. seorang sahabat yang penuh semangat dalam menutut ilmu untuk dunia maupun akhiratnya. MasyaAllah..

#nasihat yang menurutku makjleb ini, tentu untukku. 
sudahkah aku sabar dalam menuntut ilmu? kurasa jauh dari kata sabar. kukagum pada mereka yang begitu sabar dalam menuntut ilmu, termasuk engkau wahai ibuku

rabbigh firly.. 

sumber gambar : ini

Tidak ada komentar: